Sabtu, 28 November 2009

Apa Dan Mengapa....???

Apakah Perbedaan Antara Kelinci Dan Kerali..??
Salah satu binatang yang terlembut adalah kerali. Bilamana Anda pertimbangkan betapa lembut,takut dan tak berdaya makhluk ini, Anda mungkin akan terheran-heran bahwa binatang itu dapat bertahan dalam dunia yang penuh dengan musuh-musuhnya ini. Akan tetapi kemudian Anda melihat pula kaki belakangnya yang kuat itu. Kaki itulac yang memberikan kecepatan dan ketahanan kepadanya. Sudah barang tentu Anda ketahui pula betapa cepatnya kerali dan kelinci itu berkembang biak. Itulac suatu sebab lagi binatang-binatang itu dapat bertahan.
Kerali dan kelinci termasuk glongan binatang mengerat, yang berarti bahwa binatang-binatang itu bergigi depan yang panjang dan tajam. Kaki belakangnya lebih panjang jika dibandingkan dengan kaki depannya. karena nya binatang itu lebih cepat lari mendaki daripada menurun. Banyaknya perbedaan antara kelinci dan kerali itu. Kerali itu lebih besar sedang telinga dan kakinya pun lebih panjang. Kerali tidak menggali terowongan ataupun hidup berkelompok. Kerali dilahirkan dengan mata terbuka, berbulu muda sedangkan kelinci dilahirkan dengan mata tertutup dan tak berbulu. Kerali dan kelinci tak kan pernah membuahi.
Amerika Utara merupakan tempat asal berbagai-bagai jenis Kerali. Salah satu jenis kerali yang paling terkenal adalah jenis kerali peloncat atau jack haresyang sering dengan salah dinamakan "kelinci peloncat" atau jack rabbit. Jenis ini terdapat diseluruh Amerika Utara bagian barat.
Kerali bulan Maret, yang kita kenal dari ceritera "Alice in Wonderful Land" adalah sejenis kerali yang lazim di Eropa. Di bulan Maret, dalam masa berjodhnya, dilupakannya sifatnya yang hati-hati, dengan keluar setiap waktu sepanjang hari dan bertingkah laku bagaikan akrobat yang jenaka.
Kelinci berasal mula dari pantai barat Lautan Tengah. Binatang ini adalah makhluk-makhluk yang sosial, yang hidup bersama dalam terowongan-terowongan galiannya. Kelinci mampu berjodoh bila berusia 6 tahun. Anaknya lahir dalam waktu satu bulan. Dilahirkannya tiga hingga delapan bayi sekaligus dan seekor kelinci betina mungkin akan melahirkan empat hingga delapan kali dalam setahunnya. Karena itu dengan tiada musuh alamiahnya, kelinci itu dapat menjadi gangguan besar. Di Australia misalnya tiga pasang kelinci dimasukkan sekian tahun berselang, kini disana kelinci merupakan hama nasional yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
apa sic...??? t'serh Q dunk... Template Design By: SkinCorner